Berita PaskomnasRapat Koordinasi dan Penandatanganan PKS Pengembangan Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura

Pasar Induk Surabaya Sidotopo, Senin 15 Mei 2023 -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama sejumlah pejabat turut menyaksikan penandatanganan kerja sama Pengembangan Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura di Pasar Induk Surabaya Sidotopo, pada hari Senin 15 Mei 2023. Kerjasama ini dilakukan antara PT. Paskomnas Indonesia dengan produsen dan pemasok dari berbagai daerah di Jawa Timur. 

Kerja sama petani dengan stakeholder dan juga Paskomnas sebagai offtaker dalam pola closed loop akan menghasilkan produk horti dengan kualitas yang sesuai permintaan pasar dan harga yang terjaga untuk dapat terserap oleh pelanggan pasar induk.


Pasar Induk berfungsi sangat strategis dalam posisinya yang menjadi pusat distribusi tidak hanya untuk produk horti saja, namun juga mendistribusikan 11 bahan pokok penting (bapokting). 


Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap, dengan adanya Pasar Induk Surabaya Sidotopo, kebutuhan pasar di Surabaya bisa terpenuhi pengadaannya melalui pasar induk sehingga pemerintah dapat membantu menjaga supply produk horti, bapokting, mengendalikan harga dan kualitas barang dari satu titik yaitu pasar induk.


Rapat Koordinasi Pengembangan Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura ini dihadiri oleh ibu Yuli Sri Wilanti (Asdep Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian), bapak Maino Dwi Hartono (Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan BAPANAS), bapak Hartono Wignjopranoto (Direktur Utama PT. Paskomnas Indonesia), Prof. Dr. Muhammad Firdaus S.P., M.Si. (Atase Pendidikan dan Kebudayaan Perwakilan Republik Indonesia Kuala Lumpur), dan ibu Karen Tambayong (Ketua Komtap Hortikultura KADIN) sebagai narasumber dan juga para stakeholders closed loop lainnya.


Acara dilanjutkan dengan penandatangan PKS Pola Kemitraan Closed Loop antara Pondok Pesantren Fathul Ulum, UD Jalu Mahatma, dan Koperasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sejahtera Jember dengan PT. Paskomnas Indonesia.







Berita PaskomnasBerita Terkait