Berita Paskomnas5 Inspirasi Bisnis Kuliner Sehat dengan Peluang Keuntungan Besar

Kuliner dianggap sebagai salah satu bidang bisnis yang selalu diminati masyarakat dan berpeluang mendatangkan keuntungan besar. Namun, bisnis tersebut tetap harus dibarengi dengan inovasi dan adaptasi terhadap tren, demi mempertahankan loyalitas pelanggan lama dan menarik perhatian pelanggan baru.


Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat semakin peduli terhadap pola makan sehat untuk mendukung kebugaran tubuh. Kesadaran tersebut kian meningkat sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Dua hal itulah yang menciptakan peluang baru di bidang bisnis kuliner. Lima ide bisnis kuliner sehat berikut ini berpotensi mendatangkan keuntungan besar bila ditekuni secara serius:


Bisnis Sayur dan Buah Organik

Hasil tani organik dianggap lebih unggul karena dirawat secara alami tanpa kontaminasi zat-zat kimia apapun. Masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan produk sayur dan buah organik berkualitas. Kecenderungan gaya hidup itu membuat bisnis sayur dan buah organik semakin berkembang pesat. Kehadiran internet dan sistem delivery online juga turut mendukung bidang bisnis ini, sehingga masyarakat tak perlu pergi keluar rumah untuk memperoleh sayur dan buah organik yang segar.


Catering Makanan Sehat

Masyarakat modern dengan rutinitas super sibuk, biasanya tak sempat menyiapkan makanan sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Hal ini patut dimanfaatkan sebagai peluang untuk merintis bisnis catering makanan sehat. Sekarang, makanan sehat memang tak identik dengan penganan yang hambar dan monoton, karena pebisnis catering makanan sehat semakin giat berinovasi menghadirkan produk yang lezat, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan, tak sedikit catering yang menyiapkan menu untuk program kesehatan tertentu, seperti penurunan berat badan, makanan untuk mengidap diabetes, dan makanan untuk anak pengidap autisme.


Jamu Herbal dengan Konsep Modern

Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih gemar mengonsumsi jamu sebagai penganan herbal yang dipercaya ampuh menangkal penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, bisnis jamu tak lagi identik dengan kesan konvensional dan ketinggalan zaman. Peluang memulai bisnis jamu dengan konsep modern justru semakin diminati. Banyak inovasi yang bisa membangkitkan bidang bisnis jamu, misalnya pengemasan yang lebih modern dan higienis, konsep outlet atau kafe yang menarik, serta varian jamu yang cita rasanya lebih nikmat tanpa mengabaikan khasiatnya. 


Frozen Food

Tak sedikit orang menganggap bahwa frozen food (makanan beku) adalah jenis penganan yang kurang sehat karena menggunakan banyak pengawet. Anggapan tersebut tentu saja kurang tepat karena produk frozen food sehat bisa diolah dengan bahan-bahan bergizi tanpa tambahan pengawet. Keberadaan produk frozen food sehat yang berkualitas, akan membantu masyarakat modern yang sering kali tak punya waktu untuk memasak, sebab frozen food hanya butuh waktu pengolahan lima hingga sepuluh menit sebelum siap dikonsumsi.


Bisnis Jajanan Kekinian yang Sehat

Hidup sehat bukan berarti tak bisa menikmati makanan enak. Keinginan untuk menikmati makanan enak yang baik bagi tubuh, bisa mencetuskan ide bisnis jajanan kekinian yang sehat. Ada banyak sekali jenis jajanan sehat yang dapat menjadi produk andalan, misalnya mie ayam organik, aneka olahan susu, es krim buah, salad sayur dan buah, atau cake rendah kalori. Jajanan sehat yang unik dan bercita rasa istimewa dapat menjadi keunggulan bisnis yang tidak dimiliki para kompetitor.

 

Apakah Anda tertarik merintis bisnis kuliner sehat? Jika iya, maka sebaiknya Anda senantiasa menggunakan bahan baku lokal yang kualitasnya tak kalah dengan produk impor. Pemanfaatan bahan baku lokal pada bisnis kuliner sehat merupakan keputusan yang baik untuk membantu mensejahterakan petani lokal.



Berita PaskomnasBerita Terkait