Berita PaskomnasKiat Sukses Mengelola Bisnis Kuliner Online

Peluang bisnis kuliner selalu cemerlang karena pangsa pasarnya besar dan permanen. Apalagi kini bisnis kuliner online sangat diminati masyarakat karena dianggap praktis. Para pebisnis kuliner online pun harus jeli memanfaatkan peluang agar bisnisnya semakin diminati konsumen dan omzetnya senantiasa meningkat.


Beberapa kiat yang harus dilakukan untuk mendukung kesuksesan bisnis kuliner online, yaitu:


Memanfaatkan Media Sosial Semaksimal Mungkin

Pemanfaatan media sosial adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mempopulerkan bisnis kuliner online. Para pebisnis mesti melakukan beberapa hal ini saat memanfaatkan media sosial untuk kepentingan bisnis:

  • Mengunggah konten menarik secara teratur, misalnya satu kali sehari.

  • Memberikan informasi promo, misalnya diskon, cashback, atau bonus produk.

  • Membuat konten baru yang berhubungan dengan hal-hal viral yang diminati netizen.

  • Mencantumkan informasi kontak dan Frequently Asked Question (FAQ).

  • Menjalin komunikasi intensif dengan netizen (menjawab komentar, kritik, dan saran).


Mengunggah Konten yang Menarik

Ungkapan “Content is King” juga berlaku dalam mengelola bisnis kuliner online. Pebisnis kuliner online perlu mengunggah konten visual dan audio visual yang menarik untuk menarik calon konsumen. Konten tersebut harus memiliki kualitas visual yang baik, mengikuti tren viral, serta mengandung makna cerita yang istimewa sebagai upaya personal branding. Netizen yang awalnya menikmati konten hanya untuk hiburan bisa tergugah untuk membeli jika terpukau dengan isi konten tersebut.


Menjalin Kerja Sama dengan Layanan Pesan Antar

Pebisnis kuliner online tak perlu risau jika belum memiliki armada kurir untuk layanan pesan antar. Kendala tersebut dapat diatasi melalui jalinan kerja sama dengan layanan pesan antar (delivery) via ojek online. Selain mempermudah proses pesan antar, kerja sama tersebut juga dapat mempopulerkan bisnis kuliner online karena produk-produknya bisa dipesan melalui aplikasi ojek online. Konsumen yang tinggal di tempat jauh sekalipun dapat memesan produk yang diinginkan secara cepat dan praktis.


Menciptakan Inovasi Baru Secara Rutin

Salah satu kunci kesuksesan bisnis kuliner online adalah inovasi secara rutin. Pebisnis harus peka mengamati dan mengikuti tren kuliner yang sedang digandrungi masyarakat sehingga bisnis kuliner tersebut senantiasa diminati. Salah satu contoh konkretnya adalah restoran cepat saji dengan menu utama burger yang juga menyediakan menu nasi dan ayam goreng sesuai selera masyarakat tanah air. Jangan sampai bisnis kuliner online tertinggal dan mengalami penurunan omset karena minim inovasi sehingga membuat konsumen bosan.


Menampilkan Testimoni Positif dari Pelanggan Setia

Netizen Indonesia kini semakin jeli mencari referensi sebelum membeli produk dari bisnis kuliner online. Jadi, alangkah lebih baik jika bisnis kuliner online selalu menampilkan testimoni positif dari pelanggan setia. Testimoni tersebut akan meningkatkan kepercayaan sehingga calon konsumen pun semakin yakin untuk mencoba produk tersebut. Selain menampilkan testimoni positif, bisnis kuliner online juga harus sigap menanggapi kritik dan saran konsumen serta menjadikannya sebagai bahan evaluasi yang berharga.


Menggunakan Jasa Influencer

Popularitas bisnis kuliner online akan cepat meroket bila pebisnis menggunakan jasa influencer. Ada banyak tipe influencer yang cocok untuk mempopulerkan bisnis kuliner, contohnya food vlogger, selebgram, dan seleb Tiktok. Pemilihan influencer harus dilakukan secara teliti untuk memastikan bahwa karakter influencer tersebut sesuai dengan brand awareness bisnis kuliner online yang akan diperkenalkan. Influencer yang tepat akan membuat bisnis kuliner online semakin populer dan diminati banyak orang.


Berita PaskomnasBerita Terkait